Friday, March 2, 2007

Chicken briani

Jarang-jarang hari Jumat aku di rumah. Hari ini aku ga ngantor, niatnya mau sholat di mesjid dech. Di mesjid kami setiap hari Jumat ada dijual nasi briani, uuuuuuueeeenak buanget nasinya. Dijual asli dari orang Pakistan. Kalau motivasi sholat ke mesjid karena briani masih ada ga yach pahalanya he he he... Oh well...niatan itu akhirnya tak terwujud karena berat sekali untuk keluar rumah karena angin yang cukup kencang. Alhasil...briani bikinan sendiri di hari Jumat, biar ga ke mesjid pokoknya ada juga dech bau bau Jumatnya di rumah he he he...

Bahan:

1/2 ekor ayam di potong sesuai selera
400 gr beras basmati
1 buah bawang bombay rajang halus
1 sdm bawang putih
10 buah kapulaga
4 butir cengkeh
2 cm kayu manis
4 sdm yogurt tawar
1/2 cup susu cair
1/2 sdm kunyit
1 ruas jahe
1 sdt jintan
1 sdt ketumbar
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt bumbu kari
2 sdm cabe merah halus
Merica hitam secukupnya
Cilantro dirajang halus, secukupnya saja (optional)

Tahap 1

Masak beras seperti masak nasi biasa, masukkan kapulaga, cengkeh, kayu manis dan garam, diaduk rata. Masak sampai air habis, sisihkan dan tutup rapat.

Tahap 2

Tumis bawang sampai harum kemudian masukkan ayam diikuti dengan bawang putih, jahe dan semua bumbu halus, yogurt dan susu. Masak ayam sampai agak empuk.

Tahap 3

Di dalam pinggan tahan panas (pirex) masukkan setengah nasi sebagai lapisan pertama, kemudian ayam berbumbu, dan ditutup lagi dengan sebagian nasi diikuti dengan sisa bumbu ayam tadi. Layer ini seperti membuat lasagna. Tutup dengan alu foil.

Kemudian dipanggang di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

No comments: